Senin, 30 Januari 2012


Penegak dan Penggerak Jihad di Dunia Maya

Redaksi Arrahmah
Senin, 3 Oktober 2011 11:24:18
Posisi Arrahmah.com sebagai sebuah situs perjuangan  umat Islam dalam upaya meningkatkan kesadaran terhadap pelaksanaan jihad sangatlah strategis. Hal itu setidaknya terbukti dari teridentifikasinya situs  di halaman pertama saat digunakan mesin  pencarian Google dengan kata kunci Jihad.
Lewat sites positioning semacam itu, ada peluang emas untuk memperoleh kesempatan utama sebagai situs yang akan ditelusur dan diakses oleh para netter.Berarti pula, situs ini memiliki potensi popularitas yang cukup tinggi di tengah maraknya kemunculan situs-situs lain yang mengusung tema sejenis.
Di tengah kepopulerannya,  peran apakah yang mesti dilanjutkan Arrahmah.com sebagai media penegak dan penggerak jihad di tanah air? Perbaikan apa pula yang harus dilakukan bila ingin meningkatkan eksistensi di masa mendatang?
Perang Informasi
Sesungguhnya perjuangan menegakkan agama Allah di jaman sekarang ini, telah berkembang ke dunia virtual. Kini,  energy yang kita curahkan, tidak lagi sekedar untuk mengangkat senjata, tetapi juga harus dialokasikan untuk menyusun strategi jitu dalam perang informasi di dunia maya. Pada tataran inilah jihad di jalan Allah, ternyata  harus menembus medan laga yang sangat sulit diprediksi hasil akhirnya. Karena itu dibutuhkan segala doa, daya, kekuatan, pengalaman, kemauan, taktik dan startegi jitu untuk memenangkan perang informasi.
Sayang sekali, dalam perang informasi inilah seringkali umat Islam dipecundangi dan dikalahkan oleh kekuatan kafirun. Dengan kata lain, persiapan diri kita dalam menghadapi perang informasi di dunia maya masih kedodoran, alias masih butuh banyak penataan dan perbaikan.
Sungguh sulit dibayangkan, bila umat Islam secara terus-menerus mengalami kekalahan di medan peperangan informasi. Kekalahan itu akan mengakibatkan kerusakan  mental dan moral di kalangan umat. Biasanya akibat informasi yang telah direkayasa, dipalsukan dan diputarbalikkan oleh musuh-musuh Islam.  Baik musuh yang eksis secara terang-terangan ataukah bersembunyi di balik nama keislam-islaman, yang kegiatannnya justru menjauhkan diri dari perspektif jihad yang dituntunkan oleh Rasulullah.
Untung saja, Arrahmah.com  dengan segala spirit jihad yang melandasinya. mencoba untuk membalikkan keadaan. Dari kekalahan, menuju bertahan dan akhirnya berupaya untuk meraih kemenangan. Hanya saja upaya itu butuh dukungan semua komponen umat, agar keberadaannya tidak lagi menjadi bulan-bulanan dari berbagai pihak yang tidak bertanggungg jawab dan sangat membenci terbentuk ukhuwah Islamiyah yang kokoh dan tangguh.
Selain itu eksistensi Arrahmah.com  layak diorientasikan untuk melakukan pencerahan terhadap pola-pola pemikiran umat yang sudah terkamuflasekan, terinfeksi, tercemari dan terkooptasi oleh ide-ide di luar ajaran Islam.
Pantas diingat, ketika sebuah dogma atau  isme-isme di luar agama Islam berhasil menguasai cara pandang mayorias kaum Muslimin, tentu ada ancaman yang serius terhadap keberadaan dan implementasi ajaran agama  Islam di suatu masyarakat.  Bila ini terjadi, akan muncul banyak penyimpangan yang terjadi dalam pelaksanaan ajaran agama, maka sedapat mungkin kondisi ini harus dihindari.
Perjuangan Arrahmah.com  lewat media virtual  ini tak kalah hebatnya dengan perjuangan para Mujahidin di Afghanistan melawan kekuatan kafirun yang sangat anti Islam selama ini. Baik kekuatan kafirun yang berporos Amerika ataupun Rusia.
Tidak pula kalah hebatnya dibanding para pejuang Iraq yang mencoba mengusir kembali penjajah Amerika si pembela Zionis yang bercokol di tanah airnya sejak meletusnya Perang Teluk jilid dua beberapa waktu lalu.
Di sini semakin jelas bahwa sebagai media yang mendukung pelaksanaan jihad yang hakiki,  ada konsekuensi logis terhadap keberadaannya. Eksistensinya tentu saja akan selalu dirorong, digoyang, diganggu dan dilibas oleh musuh-musuh Islam. Karena itu butuh peningkatan kewaspadaan. Tak heran, bila selalu ada upaya-upaya untuk memberangus keberadaan  Arrahmah.com. Termasuk, ketika sang pemilik dan pendiri situs ini dijebloskan ke penjara karena dikait-kaitkan dengan aksi terror yang melanda negeri ini.
Akan tetapi, kita yakin upaya itu tak akan pernah menyurutkan nyali situs ini dalam  menghidup-hidupkan semangat jihad di relung hati umat. Tidak pula akan membuat asa mengkeret, pemikiran dan kreatifitas perjuangan menjadi macet.
Sebaliknya, berbagai upaya untuk mengkerdilkan ataupun membungkam suara vocal Arrahmah.com, hanya akan menambah dan makin menggelorakan spirit juang untuk mengembangkan misi  yang berlandaskan agama Islam yang hakiki.
Karena itulah, proses pemantapan dan pengembangan situs  dalam mensupport dan memotivasi terbangunnya umat yang bervisi jihad,  harus diimplementasikan dan tak perlu diragukan lagi urgensinya. Semua itu demi tegaknya Daulah Islamiyah di bumi pertiwi nanti.
Menakar Isi
Berdasarakan content analysis,  salah satu daya pikat Arrahmah.com yang tidak bisa dipandang sebelah mata  adalah nama besar dari beberapa tokoh kunci yang  berkiprah di dalamnya. Salah satunya adalah  Ustad Abu M. Jibriel yang sudah sejak lama dikenal sebagai penegak dan penganjur Jihad di tanah air.  Lewat berbagi tulisan yang disajikan dalam situs ini, ternyata banyak memberikan pencerahan tentang pemahaman jihad dalam Islam yang hakiki.
Begitu pula Muhammad Jibriel A. Rahman, Sang pemilik sekaligus pendiri situs Arrahmah.com yang punya kemampuan empatik dan persuasive ini, memiliki visi jauh ke depan sekaligus mampu menorehkan tulisan yang terasa mendamaikan jiwa, seperti yang sering muncul di dalam situs ini.
Bahkan, komitmen dan keteguhan hati dalam mengumandangkan  jihad, telah memunculkan respek dan menginspirasi banyak kalangan muda Islam. Hal ini setidaknya tercermin dari mencuatnya ungkapan simpatik dari beberapa partisipan dalam suatu diskusi informal.
Lebih jauh,  terkait tampilan situs, Arrahmah.com secara umum tampak  mencoba menampilkan diri sebagai portal berita jihad yang relative komprehensip. Paling tidak kesan ini diperkuat dengan   tersaji berita yang cukup lengkap dari segenap negara Muslim di berbagai penjuru dunia.
Terlebih lagi, informasi yang tersajikan,  seringkali memberikan perspektif sandingan yang bisa dijadikan bahan perbandingan dalam menerima isu-isu besar yang melanda dunia Islam.
Bahkan dalam beberapa kesempatan, mampu menampilkan dalam perspektif tandingan terhadap isu-isu yang dilansir berbagai kantor berita Barat yang seringkali tidak fair, cenderung tendensius dan diskriminatif terhadap keberadaan dan kepentingan umat Islam.
Hal ini menunjukkan keberadaan Arrahmah.com bisa menjadi portal berita jihad yang mampu melakukan counter attack bagi informasi yang dilansir dunia barat, sehingga umat Islam tidak lagi dengan mudah terdikte  baik dalam opini dan tindakannya seperti yang seringkali  terjadi beberapa waktu lalu.
Maklum, selama ini banyak informasi dari kantor berita Barat yang menyesatkan, terlanjur dipercaya khalayak dunia, termasuk sebagian besar umat Islam. Padahal informasi itu bukanlah fakta, tetapi sebuah kebohongan besar yang disengaja. Celakanya, berbagai kebohongan itu telah mengakibatkan malapetaka kemanusiaan yang luar biasa. Juga telah menjelma menjadi sebuah kejahatan besar yang tak termaafkan.
Bukankah, masih segar ingatan kita? Ketika masyarakat dunia diyakinkan bahwa negara Irak memiliki senjata biologi dan senjata kimia pemusnah masal, sehingga melegetimasi Amerika beserta sekutunya melakukan invasi dan menduduki Negara Teluk yang mayoritas penduduknya Muslim itu.
Padahal, hasil penyelidikan membuktikan bahwa isu senjata pembunuh massal tersebut hanyalah kebohongan besar yang diciptakan Amerika dan sekutunya, yang sesungguhnya hanya untuk menutupi sikap over paranoid,  atas hancurnya simbol kedigdayaan ekonomi dan militer mereka, akibat serangan pejuang Muslim pada 11 September satu decade lalu.
Selain itu, tampilan Arrahmah.com  membuat wawasan kita jauh lebih diperkaya lewat halaman Depth Reporting, yang seringkali membuka berbagai tabir dari suatu rentetan peristiwa.  Pemerkayaan wawasan juga dilakukan dengan banyak menampilkan informasi  mengenai tokoh penegak jihad yang berkaliber internasional.
Peningkatan Performa
Dalam rangka meningkatkan perfomans Arrahmah.com, maka ada beberapa hal yang layak dioptimalkan. Antara lain :
Pertama, memperkaya khasanah pemikiran jihad. Hal ini bisa dilakukan dengan secara reguler mengundang lebih banyak pemerhati dan praktisi Jihad guna menampilkan pokok pemikirannya lewat berbagai kolom atau artikel yang akan menghiasi situs ini.
Toh demikian, sajian pemikiran para tokoh kunci selaku senior Arrahmah.com tetap harus ditampilkan, sebab seringkali gagasan mereka cukup mencerahkan dan memotivasi umat dalam upaya memahami lebih jauh tentang pelaksanaan jihad yang hakiki di dalam Islam.
Kedua, upaya untuk meningkatkan popularias Arrahmah.com layak selalu dilakukan. Baik lewat kegiatan yang bersifat virtual. Termasuk penyelenggaraan berbagai kompetisi penulisan seperti yang sedang berlangsung saat ini. Juga melakukan advertensi di berbagai situs baik yang gratis atau komersial. Ataupun mengoptimalkan keberadaan berbagai jejaring social.
Bila perlu, layak diadakan program kerja dalam bingkai copi darat, semisal outbond ataupun gathering. Hal ini tidak cuma meningkatkan popularitas dengan jauh lebih efekif, tetapi juga mampu memperat tali persaudaraan di antara umat Islam.
 Ketiga, langkah progresif Arrahmah.com dalam   meluaskan kesempatan akses lewat pertukaran link layak dilanjutkan, karena memiliki tingkat oportunitas yang tinggi dalam memperoleh calon netter potensial dengan berragam latar belakang.
Hanya saja, perlu diberikan tutorial yang lebih informative dan memadai, sehingga para newbie pun bisa melakukan pertukaran link tanpa kesulitan yang berarti. Kegagalan dalam memberikan informasi yang memadai dalam pelaksanaan pertukaran link, berakibat hilangnya oportunias kesuksesan secara signifikan. Jadi hal ini perlu diwaspadai dan diantisipasi.
Keempat, layak ditampilkan tulisan dalam bentuk feature dari para mujahid dari Indonesia, review lengkap tentang perjuangan, pengalaman dan pilihan hidup mereka. Sungguh, upaya ini  diharapkan makin meningkatkan apresiasi sekaligus lebih menyalakan semangat jihad di kalangan para pembaca.
Lewat contoh kehidupan yang lebih memiliki citarasa local dan membumi,diharapkan   proses figurasi dan, transformasi pemikiran bisa berjalan jauh lebih efekif dan efisien.. Dengan demikian, upaya unuk mengekspose biografi para mujahid local, layak untuk diperimbangkan dengan serius.
Kelima, Arrahmah.com layak menerbitkan halaman special semacam Hall of Famebagi para mujahid yang gugur di medan perang dari segala penjuru dunia dalam menegakkan agama Allah, Mereka yang ditampilkan, tentu harus memiliki indikator spesifik, sehingga daftar person yang ditampilkan dapat dibanggakan dan dijadikan suri tauladan bagi segenap umat Islam dalam berjihad di jalan Allah.
Paling tidak, langkah ini sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan terhadap mereka yang mempertaruhkan jiwa, raga dan harta mereka demi sebuah keyakinan dan kebenaran hakiki.
Sebuah Harapan
Melalui semangat jihad yang selalu digelorakan oleh Arrahmah.com  ini, mari kita semua yang peduli terhadap berkibarnya panji-panji Daulah Islamiyah di segala penjuru dunia, bersatu padu merapatkan barisan, membenuk formasi yang  kokoh  untuk mengenyahkan kekuatan kafirun yang anti Islam dari muka bumi ini.
Akhinya, Semoga Allah SWT memberikan segala kemudahan bagi kita semua, dalam menegakkan agama yang haq di setiap jengkal tanah,  di segala penjuru dunia. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar